Ketua Umum Ingatkan Pentingnya Moralitas Anggota Dewan

18 Juli 2019

JAKARTA (17 Juli): Pelaksanaan Sekolah Legislatif Partai NasDem 2019 angkatan pertama memasuki hari kedua. Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengisi materi kuliah pertama di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (17/7).

 

Dalam kelas “Sejarah, ideologi, platform dan doktrin Partai NasDem”, Surya mengingatkan pentingnya komitmen dan nilai-nilai moralitas yang hebat.

 

“Peran dan fungsi yang saudara jalankan bukan terbatas pada membuat undang-undang pengawasan tetapi yang tidak kalah penting juga adalah menjadi pioner membawa pesan moral sebagai anggota yang terhormat,” kata Surya.

 

Di awal penyampaian kuliah umumnya Surya memaparkan tujuan berdirinya NasDem untuk menyadari betapa strategisnya institusi partai politik dalam satu kehidupan bernegara yang menganut sistem demokrasi.

 

“Semua kebijakan sesungguhnya dimulai dari keputusan dewan. Kita yang membuat perundang-undangan. Kita juga yang berhak merubah peraturan perundang-undangan yang kita buat sendiri,” kata dia lagi.

 

Surya menegaskan posisi strategis  itu harus bisa menjadi pilar dari sistem demokrasi bangsa ini.

 

Menurut dia, kualitas bernegara ditentukan oleh kualitas seluruh elemen yang terlibat di dalamnya, termasuk anggota legislatif.

 

“Kalau partai politik sehat negara bangsa ini sehat kalau partai politik orang-orang yang berada di instusi partai politik ini dengan perilaku yang menjaga nilai-nilai asas kepantasan kepatutan dalam konteks peradaban yang kita miliki maka percayalah pasti bangsa ini juga akan cemerlang,” kata dia.

 

Surya mendirikan NasDem setelah merasakan betul bahwa masyarakat justru melihat partai politik bukan sebagai tumpuan harapan mereka atau bukan tempat bagi anak-anak bangsa yang punya komitmen dan nilai-nilai moralitas profesionalitas hebat.

 

“Tetapi justru yang dilihat masyarakat terhadap kehadiran partai politik itu sebelah mata,” lirih Surya.

 

Untuk itu Surya mengimbau situasi tersebut tidak boleh berlangsung untuk waktu ke depan maka perlu ada upaya perubahan.

 

Surya mendorong seluruh legislator NasDem untuk menjadi agen perubahan dan memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

 

“Membangun persepsi publik yang lebih optimis dalam rangka penguatan pembangunan kebangsaan. Setiap kalian memiliki potensi diri yang ada pada diri kalian,” ungkapnya.

 

Surya berharap para kader NasDem di parlemen dapat menjaga harkat dan martabat serta tidak terjebak pada tindakan yang tidak terpuji. Surya memacu militansi kader untuk dapat menjaga marwah dan perjuangan partai.

 

“Partai ini milik kita bersama kita harus menjaganya kita harus merawatnya kita harus memiliki,” kata dia lagi.

 

Untuk menghindari perbuatan yang tidak baik itu Surya mengingatkan bahwa kita adalah makhluk yang diciptakan oleh yang Mahakuasa dan telah diberikan pedoman untuk memberikan dan menjaga nilai-nilai harkat martabat kehidupan.

 

“Inilah semangat kita dalam membangun semangat kekitaan di NasDem ini,” tandasnya.

SUMBER : https://www.partainasdem.id/read/8346/2019/07/17/ketua-umum-ingatkan-pentingnya-moralitas-anggota-dewan

Komentar