Lestari Moerdijat Berharap Lebih Banyak Orang Cintai Warisan Budaya Indonesia

1 Januari 2020

Jepara – Dalam rangkaian kegiatan Reses Masa Sidang I Tahun 2019-2020,  Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem Lestari Moerdijat menyempatkan berkunjung ke sentra pembuatan kain tenun Troso di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, Sabtu (28/12/2019).

Dalam kunjuannya ke sentra pembuatan kain tenun Troso, Lestari berbincang dengan salah satu perwakilan pengrajin tenun Troso, Amrul Munif. Lestari antusias dalam mendengarkan penjelasan lebih jauh Amrul mengenai pembuatan kain tenun Troso ini. Tak hanya itu, Rerie panggilan akrabnya juga mendengarkan keluh kesah dan harapan Amrul sebagai pengrajin tenun Troso.

Tenun Troso sendiri merupakan kerajinan  tenun yang berasal dari Kabupaten Jepara. Tenun Troso dikerjakan secara manual menggunakan alat tenun (bukan mesin).  Proses pembuatan yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Tenun Troso juga memiliki berbagai macam corak, dari tradisional hingga modern kontemporer.

Dengan keunikannya itu, Rerie berharap agar lebih banyak orang yang mencintai dan memakai warisan budaya Indonesia, salah satunya tenun Troso ini. Tidak hanya dalam acara resmi, tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari.

“Dengan memakai kain tenun Troso, kita sudah membantu melestarikan warisan budaya Indonesia. Selain itu juga membantu perekonomian para pengrajin kain tenun Troso,” ujarnya.

Sumber : Lestarimoerdijat.com

Komentar