Mbak Wulan Ajak Millenial Memahami dan Mengerti 4 Pilar Bangsa

6 Februari 2020
Ratusan siswa SMK Tama Jaya School Jakenan sontak heboh karena kehadiran Anggota MPR RI Periode 2019 – 2024 Hj. Sri Wulan, SE di sekolah kejuruan tersebut pada Selasa (4/2).
Kedatangan Mbak Wulan (sapaan akrabnya) yang disambut dengan  antusias oleh kaum millenial itu, adalah dalam rangka Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
Mbak Wulan salah satu  putri terbaik Kabupaten Pati yang asli dari Jakenan mengatakan, sosialisasi sangat penting diberikan kepada generasi muda, utamanya yang masih duduk dibangku sekolah, agar mengerti dan memahami konsep kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Sosialisasi ini penting  bagi generasi muda terutama yang masih duduk dibangku sekolah agar mengerti dan memahami 4 Pilar Kebangsaan”, tutur Mbak Wulan, politikus Partai Nasdem itu.
Diharapkan, lanjutnya, dengan adanya pemahaman itu akan timbul kesadaran  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sekaligus kecintaan terhadap NKRI.
“Di era modern dan globalisasi saat ini, generasi muda harus kuat secara mental untuk dapat meneruskan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI”, ungkap Mbak Wulan.
Sehingga, menurutnya,  apa yang diperjuangkan dan dicita-citakan oleh para pejuang dan pendiri bangsa yaitu menuju Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur dapat tercapai.
Dalam kesempatan itu, Mbak Wulan yang juga Anggota DPR RI dari Dapil 3 Jateng (meliputi Pati, Rembang, Blora, Grobogan) juga berpesan kepada siswa – siswi SMK Tama Jaya School, agar mereka rajin belajar sehingga mampu meraih cita – cita.
“Mereka adalah generasi penerus bangsa. Harus kita motivasi agar menjadi generasi yang  berkualitas dan berprestasi”, ujar Mbak Wulan yang mendapat julukan ‘Srikandi Pati’, atas prestasi dan dedikasinya turut  membangun Kabupaten Pati.
Sosialisasi diberikan dengan metode interaktif (game), sehingga kaum millenial dapat tergugah dan lebih memahami materi yang disampaikan.
“Dengan metode game atau interaktif,  kaum millenial menjadi lebih pahan atau nyantel, sehingga diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari”, tutur Mbak Wulan kepada RadarMuria.Com.
Selain itu, tambahnya, juga melatih siswa bermental pemimpin yang berani bicara dan mampu menyampaikan pendapat di depan forum.
“Jadi tidak sekadar mengulang materi yang telah disampaikan, tetapi lebih membentuk jiwa dan keberanian menjadi pemimpin”, tambah Mbak Wulan.
Dalam forum sosialisasi, siswa dibagi dalam 4 kelompok dengan nama sesuai 4 Pilar Kebangsaan, yaitu Kelompok Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
Masing – masing kelompok harus menyampaikan pemaparan di depan forum atas materi sosialisasi yang telah diterima.
Menambah kemeriahan suasana dan kegembiraan para siswa, Mbak Wulan juga menyediakan hadiah berupa uang pembinaan bagi kelompok siswa.
Rangkaian acara berjalan khidmat, dinamis dan penuh keakraban  serta kekeluargaan. (radarmuria.com)

Komentar