Eva Semangati Pekerja Medis di Puskesmas Klaten

20 Mei 2020

Sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri, anggota Komisi III DPR RI dari Partai NasDem, Eva Yuliana masih melanjutkan kunjungan kerjanya ke daerah pemilihannya Jawa Tengah (Jateng) V, Senin (18/5).

Kali ini, Eva berkunjung ke Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, Jateng. Secara khusus, Legislator NasDem tersebut ingin mengapresiasi dan menyemangati para pekerja medis, yang masih terus setia, tanpa kenal lelah, memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di masa wabah pandemi Covid-19 saat ini. Terlebih, bagi tenaga medis yang berkarya di puskesmas-puskesmas di Kabupaten Klaten.

“Saat-saat jelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran seperti sekarang ini, gelombang pemudik di Klaten tetap bakalan tinggi. Meski larangan mudik belum dicabut pemerintah, arus kedatangan pemudik ke wilayah Klaten sepertinya sulit dibendung,” ujar Eva.

Srikandi NasDem itu mengatakan, budaya mudik masih menjadi pilihan warga Klaten yang selama ini bekerja di perantauan. Tanpa mengecilkan peran kepolisian yang telah bekerja keras mencegah pemudik, bukan tidak mungkin para warga perantauan tetap saja bisa lolos dan pulang ke kampung halaman masing-masing.

“Jelang lebaran seperti sekarang ini, satu sisi, kita memang masih menerapkan larangan mudik, tapi di sisi lain, tingginya gelombang pemudik dan kemungkinan banyaknya pemudik yang berhasil pulang ke daerah, tetap harus disikapi dan diantisipasi secara baik,” katanya.

Legislator NasDem ini menyebutkan, pilihan dilematis ini tetap harus dipikirkan. Maka kerja ekstra para tenaga medis puskesmas adalah solusinya. Tenaga medis sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19, karena berhadapan langsung dengan masyarakat secara kewilayahan.

“Para tenaga medislah yang berkesempatan lebih besar memantau secara ketat, tepat, dan cepat dalam menerapkan protokoler pencegahan dan tindakan dalam penanganan wabah Covid. Terutama, bagi para pemudik. Salam hormat saya untuk para tenaga medis di puskesmas-puskesmas. Tetap semangat,” tandas Eva.

Bukan hanya memberikan apresiasi dan semangat, Eva secara khusus juga menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) yang nantinya dibagikan kepada para tenaga medis puskesmas.

Eva berharap, bantuan APD yang diberikan bisa membekali para tenaga medis puskesmas dalam kerja pelayanan mereka di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Pembagian APD ke puskesmas-puskesmas diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Kesehatan selaku Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah Covid-19 di Kabupaten Klaten. Pihak dinas jauh lebih paham kebutuhan dan sebaran bantuan APD untuk para tenaga medis puskesmas ini,” pungkasnya.(PartaiNasDem.id)

Komentar