11 Aplikasi Saham Terbaik Yang OJK, Cocok untuk Pemula!

Investasi kini semakin diminati oleh masyarakat sebagai salah satu bentuk tabungan masa depan. Salah satu jenis investasi yang d cukup banyak dipilih adalah investasi saham melalui aplikasi. Jika Anda juga berminat melakukan investasi saham, maka sebaiknya pilih aplikasi saham terpercaya.

Aplikasi investasi saham terpercaya akan memberikan jaminan keamanan terhadap investasi yang Anda lakukan. Tidak usah bingung memilih jenis aplikasi yang akan digunakan karena artikel ini akan membantu memberikan rekomendasi aplikasi untuk investasi saham yang aman dan terpercaya!

Rekomendasi Terbaik Aplikasi Saham

Bagaimana cara bermain saham untuk pemula? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan aplikasi untuk investasi saham yang mudah digunakan. Selain itu, pastikan aplikasi tersebut memang sudah terdaftar OJK dan aman untuk digunakan.

Berikut ini informasi tentang beberapa rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk investasi saham, yaitu:

1. Bibit

Bibit

Rekomendasi aplikasi saham OJK yang pertama adalah aplikasi bernama Bibit. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dimiliki dan dikelola oleh PT Bibit Tumbuh Bersama. Anda bisa mengunduh aplikasi ini hanya dengan ukuran 16 MB.

Aplikasi Bibit juga merupakan salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna. Buktinya, aplikasi Bibit sudah pernah diunduh lebih dari 5.000.000 juta pengguna Google Play Store. Bibit bahkan mendapatkan ulasan positif 4.7/5 karena kinerjanya yang optimal.

Anda bisa menggunakannya untuk melakukan investasi  saham berbentuk reksadana hingga Surat Berharga Negara (SBN). Selain itu, aplikasi bibit juga menawarkan pilihan reksadana, seperti pasar uang, obligasi, dan lain sebagainya. Tersedia juga saham dengan sistem sesuai syariah.

Investasi saham yang ada di aplikasi ini dirancang berdasarkan profil risiko pengguna, penghasilan, dan dana yang ingin dialokasikan untuk investasi saham. Oleh karena itu, aplikasi bibit menjadi salah satu aplikasi yang sangat cocok digunakan pemula yang baru belajar tentang investasi saham.

Pengguna baru juga akan mendapatkan rekomendasi reksadana pilihan dari aplikasi Bibit. Investasi saham melalui Bibit dapat dilakukan mulai dari Rp 10.000.

Kelebihan lainnya dari aplikasi bibit adalah pengguna tidak dikenai biaya transfer ketika melakukan transaksi menggunakan GoPay, LinkAja, dan dompet digital lainnya.

2. Bareksa

Bareksa

Selain Bibit, aplikasi Bareksa juga bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi saham yang aman dan terpercaya digunakan oleh siapa saja. Aplikasi yang satu ini berada di bawah pengelolaan PT Bareksa Portal Indonesia.

Anda bisa menggunakannya untuk investasi saham, reksadana, surat utang, bahkan emas. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga dapat dilakukan untuk menjual saham Surat Berharga Negara (SBN) ritel online. Tindakan tersebut merupakan salah satu bentuk kemitraan dengan Kementerian Keuangan RI.

Proses registrasi Bareksa mudah dilakukan tanpa memerlukan dokumen fisik. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah dilengkapi dengan Robo Adviisor yang sudah berlinsensi.

Selain investasi dengan konsep konvensional, Bareksa dapat digunakan untuk melakukan investasi dengan konsep syariah. Konsep investasi syariah yang ditawarkan Bareksa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemula yang ingin melakukan investasi.

Aplikasi Bareksa bahkan menawarkan lebih dari 150 produk reksa dana konvensional maupun syariah. Pengguna juga bisa memilih lebih dari 50 manajer investasi yang akan membantu dalam melakukan investasi saham.

Setelah mengunduh aplikasi Bareksa dan melakukan aktivasi serta registrasi, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi ini dengan mudah untuk investasi. Transaksi investasi pada aplikasi Bareksa dapat dilakukan melalui transfer bank maupun e-wallet, seperti Link Aja, OVO, dan lain sebagainya.

Transaksi dengan menggunakan dompet digital memang akan memberikan kemudahan sekaligus cepat dilakukan. Anda bisa melakukan pembelian investasi saham secara tidak terikat, sehingga saham bisa ditambahkan atau dikurangi melalui pencairan kapan saja.

3. IPOT

IPOT

PT Indo Premier Sekuritas mengeluarkan aplikasi yang dapat digunakan untuk investasi saham, reksadana, bahkan EFT. Aplikasi saham tersebut diberi nama aplikasi IPOT. Konsep dari aplikasi ini adalah menggunakan robo trading dan fund evaluator.

Konsep tersebut dapat membantu para pengguna untuk memilih jenis investasi sesuai keinginan. Fitur tersebut juga dapat membantu untuk menjalankan seluruh instruksi penjualan maupun pembelian di saham dan harga yang sebelumnya sudah ditentukan.

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga menyediakan laporan riwayat transaksi yang pernah dilakukan oleh pengguna.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi IPOT untuk belajar saham. Hal ini karena aplikasi ini juga menyediakan berbagai konten edukasi bagi para penggunanya.  Aplikasi IPOT memang sangat cocok untuk pemula, bukan?

Selain itu, alasan lain aplikasi ini cocok untuk pemula adalah tidak terdapat minimal deposit. Pengguna bisa memulai investasi saham dengan modal kecil. Namun, pengguna tetap dikenakan biaya ketika jual maupun beli saham melalui IPOT.

Biaya ketika membeli saham sebesar 0.19%, sedangkan biaya ketika menjual saham adalah 0,29%. Tidak usah ragu lagi dalam menggunakan IPOT karena aplikasi ini sudah berpengalaman sejak tahun 1996. IPOT bahkan menjadi salah satu pemain terbesar pasar saham Indonesia.

Bagaimana? Jika tertarik menggunakan aplikasi IPOT untuk investasi saham, maka Anda bisa langsung mengunduh aplikasi ini dengan ukuran hanya 1.1 MB.

4. BIONS

BIONS

Bank BNI juga memiliki aplikasi untuk melakukan investasi saham di bawah naungan PT BNI Sekuritas. Aplikasi tersebut bernama BIONS yang merupakan singkatan dari BNI Sekuritas Innovative Online Trading System.

Nasabah BNI dapat membuka rekening saham dengan membayar uang deposit minimal sebesar Rp 1.000.000. Selain itu, pada setiap transaksi pembelian saham akan dikenakan fee 0.17%, sementara transaksi penjualan saham akan dikenakan biaya 0.27%.

Keunggulan dari aplikasi BIONS adalah memiliki berbagai fitur unggulan, seperti Automatic Order dan Finger Print Login. Ada juga fitur untuk research, chart, news, dan grafik harga menggunakan indikator analisis teknikal. Semua fitur di dalam BIONS tentu saja akan selalu update atau real time.

Aplikasi BIONS dari Bank BNI juga menawarkan beragam produk investasi untuk penggunanya. Misalnya, Investasi equality brokerage, investasi banking, mutual fund selling agent, fixed income brokerage, dan berbagai produk investasi saham lainnya.

Jika tertarik menggunakan BIONS mobile untuk investasi, maka Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dengan ukuran 17 MB. Pastikan ponsel Anda memiliki OS Minimal Android 5.0 ke atas agar dapat mendukung kinerja aplikasi BIONS Mobile secara optimal.

5. Ajaib

Ajaib

Ajaib merupakan salah satu aplikasi saham online terpercaya yang cukup banyak direkomendasikan oleh para penggunanya. Aplikasi yang satu ini berada di bawah naungan PT Ajaib Teknologi Indonesia. Ajaib cocok digunakan oleh pemula karena menawarkan investasi mulai dari Rp 0.

Alasan lain aplikasi Ajaib cocok untuk pemula adalah menawarkan peringkat dan pilihan reksadana kepada para penggunanya. Hal inilah yang membuat pengguna lebih mudah dan terbantu dalam menempatkan atau melakukan investasi saham.

Selain itu, aplikasi Ajaib cocok untuk pemula karena akan memberikan notifikasi setiap waktu. Notifikasi yang diberikan berupa waktu terbaik untuk menjual atau membeli saham, sehingga pengguna dapat menekan kerugian dan memaksimalkan keuntungan atau profit yang bisa diperoleh.

Pengguna pemula tidak perlu takut menggunakan aplikasi Ajaib. Hal ini karena aplikasi ini sudah terbukti legal dan mendapat izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), dan Indonesia Stock Exchange (IDX).

Anda bisa menggunakan aplikasi Ajaib untuk melakukan investasi saham, reksadana, bahkan kripto. Aplikasi Ajaib memang memiliki kelebihan sendiri yaitu menawarkan tiga produk investasi melalui satu aplikasi.

Investasi saham di Ajaib juga menguntungkan karena menawarkan biaya broker yang lebih murah. Selain itu, biaya komisi di aplikasi Ajaib hanya 0.08-0.1 persen berdasarkan volume transaksi yang dilakukan.

Perlu dicatat bahwa biaya tersebut belum termasuk pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai (PPN), dan retribusi.

Anda dapat langsung mengunduh aplikasi Ajaib di smartphone dengan ukuran 19 MB yang tidak akan memberatkan kinerja ponsel. Namun, pastikan ponsel memiliki OS minimal Android 5.0 ke atas agar dapat digunakan untuk investasi saham menggunakan aplikasi Ajaib.

6. Poems ID

Poems-ID

Aplikasi saham lainnya yang bisa menjadi pilihan tepat adalah Poems ID. Aplikasi untuk melakukan investasi saham yang satu ini dikelola langsung oleh PT Philip Sekuritas Indonesia. Perusahaan ini merupakan bagian dari kelompok bisnis Singapura yaitu Philip Capital Group.

Aplikasi Poems ID hanya dapat digunakan oleh nasabah Philip Sekuritas. Anda harus menjadi nasabah terlebih dahulu ketika ingin menggunakan aplikasi Poems ID untuk melakukan investasi saham. Selain itu, pengguna juga harus menyetorkan uang deposito awal sebesar Rp 500.000.

Kemudahan diberikan Poems ID untuk nasabah dengan status mahasiswa. Mahasiswa dapat memberikan setoran awal pembukaan rekening hanya Rp 100.000. Fee beli saham sebesar 0.18% untuk setiap transaksi, sementara itu fee untuk jual saham sebesar 0.28% setiap transaksinya.

7. Stockbit

Stockbit

PT Sinarmas Sekuritas mengembangkan aplikasi saham bernama Stockbit. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Stockbit menawarkan fitur komunitas online bagi para pengguna. Fitur ini memungkinkan para pengguna melakukan diskusi tentang apa pun yang berkaitan dengan investasi saham.

Komunitas online tersebut juga diikuti oleh para professional yang akan membantu pengguna memberikan rekomendasi saham, analisis, dan berbagai informasi dasar lainnya.

Stockbit memang merupakan aplikasi yang sudah memiliki izin resmi dari OJK sehingga keamanan transaksi pasti terjamin. Selain itu, keamanan transaksi investasi saham juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan fitur Touch ID.

Kelebihan lainnya yang dimiliki aplikasi Stockbit adalah menawarkan fitur virtual trading serta simulasi trading saham. Fitur tersebut berjalan dengan menggunakan data real time dari bursa saham Indonesia.

Jika tertarik menggunakan aplikasi Stockbit untuk melakukan investasi saham, maka Anda membutuhkan smartphone Android dengan minimal OS 5.0 ke atas. Ukuran aplikasi Stockbit hanya 13 MB, sehingga ruang penyimpanan yang diperlukan juga tidak terlalu besar.

8. Mirae HOTS

Mirae-HOTS

Mieae HOTS merupakan aplikasi saham yang dimiliki oleh PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang sudah dikembangkan sejak tahun 1994. Perusahaan ini bahkan pernah berhasil berada dalam Top 3 Stock Exchanges sebagai salah satu perusahaan sekuritas terbaik yang ada di Indonesia.

Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki dua jenis yang dapat digunakan menggunakan PC maupun smartphone.

MIrai HOTS dapat diakses dan digunakan oleh pengguna melalui Personal Computer (PC). Selain itu, pengguna bisa menggunakan NEO HOTS untuk mengakses aplikasi Mirae menggunakan smartphone secara mobile.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan investasi dengan minimum uang deposit sebesar Rp 10.000.000. Aplikasi dengan ukuran 36 MB ini memang lebih cocok digunakan oleh para pengguna dengan modal besar untuk investasi saham.

Fee jual beli saham yang ditawarkan oleh Mirae juga cukup terjangkau. Anda bisa menjual saham dengan fee jual setiap transaksi adalah 0,25%. Sementara itu biaya atau fee ketika akan membeli saham adalah 0.15% setia transaksi

9. MOST Mandiri

MOST-Mandiri

Jika Anda merupakan nasabah Bank Mandiri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan investasi saham melalui aplikasi MOST Mandiri. Aplikasi ini memang dimiliki dan dikembangkan oleh PT Mandiri Sekuritas untuk memberikan kemudahan bagi nasabah Bank Mandiri untuk investasi.

Aplikasi saham dari Bank Mandiri ini memberikan ketentuan minimum bagi para nasabah untuk membuka rekening saham. Setoran minimum untuk pada mahasiswa sebesar Rp 2.000.000. Sementara itu, nasabah umum dapat membuka rekening saham dengan setoran awal Rp 5.000.000.

MOST Mandiri juga menyediakan tawaran full service kepada nasabah dengan setoran awal membuka rekening saham sebesar Rp 100.000.000.

Setiap transaksi pembelian maupun penjualan saham melalui aplikasi MOST Mandiri dikenakan biaya atau fee. Biaya atau fee jual saham setiap transaksinya sebesar Rp 0.28%. Sementara itu, fee beli saham setiap transaksi di MOST Mandiri adalah 0.18% dengan minimal Rp 5.000.

10. BCAS Best Mobile

BCAS-Best-Mobile

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BCA juga memberikan kemudahan bagi para nasabahnya yang ingin melakukan investasi saham melalui aplikasi. Aplikasi saham terbaik dari PT BCA Sekuritas bernama BCAS Best Mobile.

Aplikasi untuk melakukan saham ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Misalnya, fitur Stock Game yang dapat digunakan untuk melakukan analisis technical. Selanjutnya, ada fitur Smart Signal yang dapat digunakan untuk membaca tren naik turun saham.

Anda juga bisa menggunakan fitur Quick Order. Fitur ini sangat membantu pengguna untuk menjual maupun membeli saham dengan cepat.

Rekening saham pada BCAS Best Mobile dapat dibuka dengan setoran awal sebesar Rp 3.000.000 bagi nasabah Bank BCA. Setiap transaksi jual maupun beli saham dapat dilakukan dengan membayar fee sebesar 0.18% untuk fee pembelian, sementara fee penjualan saham sebesar 0.28%.

Biaya atau fee yang dikenakan kepada pengguna akan berbeda ketika And a menggunakan jasa dari sales broker. Fee pembelian sebesar 0.25%, sementara ketika melakukan penjualan saham fee yang dikenakan sebesar 0.35%.

11. MotionTrade atau MNC Trade New

MotionTrade-atau-MNC-Trade-New

Anak perusahaan dari MNC Group yaitu PT MNC Sekuritas mengeluarkan aplikasi saham dengan nama MNC Trade New atau kini lebih dikenal dengan nama aplikasi MotionTrade. Aplikasi untuk melakukan investasi saham ini dapat digunakan untuk smartphone, desktop, smartwatch, dan Mac.

Jika tertarik menggunakan aplikasi  MotionTrade, maka Anda harus membuka rekening saham dengan setoran awal minimal Rp 100.000. Selain itu, setiap transaksi pembelian saham dikenakan biaya 0.18%, sementara transaksi jual saham biayanya 0.28%.

Aplikasi MotionTrade memiliki keunggulan lain dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan para pengguna dalam melakukan investasi. Misalnya, fitur break order, trailing order, GTC order, dan berbagai fitur lainnya.

Beragam jenis aplikasi saham dapat digunakan untuk membantu melakukan investasi saham dengan mudah. Masing-masing aplikasi memiliki banyak fitur yang mempermudah penggunanya untuk melakukan investasi. Pastikan untuk menggunakan aplikasi yang legal atau memiliki izin resmi OJK.

 

Lihat Juga :