Arti Centang Biru di IG? Ini Penjelasan + Cara Dapatnya

Sebenarnya, arti centang biru di ig itu apa ya? Apakah ada arti khusus? Apakah hanya untuk gaya-gayaan saja? Buat Anda yang menggunakan instagram sebagai salah satu akun media sosial yang aktif dijalankan, pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa keunikan dari aplikasi satu ini.

Fiturnya cukup menarik bagi penggunanya. Misalnya ada instastory, upload feed, IGTV, reels dan lain sebagainya. Semua fitur disediakan untuk menyenangkan pengguna dan bisa berfungsi secara maksimal.

Arti Centang Biru di IG Menandakan Banyak Followers?

Arti-Centang-Biru-di-IG-Menandakan-Banyak-Followers

Penikmat instagram tentu akan mengikuti banyak orang yang dianggap memiliki konten menarik dan bermanfaat sesuai kebutuhan masing-masing. Maka dari itu, banyak orang berbondong-bondong membuat karya baik dalam bentuk video maupun gambar untuk di pamerkan di IG. Tujuannya tentu untuk mendapat banyak perhatian dari pengguna IG.

Selain itu, dengan menghasilkan karya terbaik yang dipajang di IG, harapannya bisa menarik banyak followers. Salah satu alasannya agar bisa centang biru. Pasalnya, pemilik akun yang jumlah pengikutnya banyak, maka bisa mendapatkan centang biru pada akun IG yang dimilikinya.

Biasanya para selebgram yang jumlah followersnya puluhan ribu yang akan memperoleh tanda centang biru langsung dari Instagram. Jadi kalau Anda pengguna IG namun jumlah followersnya hanya ribuan, belum bisa mendapatkan centang biru.

Apa Itu Centang Biru di IG?

Apa-Itu-Centang-Biru-di-IG

Sebagian besar pengguna IG di Tanah Air menyebut dengan “centang biru”. Padahal sebenarnya ini merupakan verified account. Setiap akun yang ditandai dengan centang biru maka akun tersebut dianggap asli dan sudah terverifikasi keasliannya. Bisa dibilang bahwa akun yang bercentang biru sah asli dari IG.

Alasan mengapa harus ada akun verifikasi ini adalah untuk mencegah pemalsuan akun dari orang terkenal seperti artis. Sehingga, dengan adanya tanda centang biru, itu artinya akun tersebut asli dan bukan tiruan. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penipuan yang mengatasnamakan orang terkenal tersebut.

Tentu untuk mendapatkan pengakuan centang biru dari IG bukan hal yang mudah. Ada persyaratan yang harus dipenuhi agar dinyatakan keasliannya oleh pihak IG. Beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya bisa memperoleh centang biru di IG adalah sebagai berikut.

Daftar Akun yang Mudah Mendapat Centang Biru

Arti centang biru di ig sangat bermakna bagi sebagian orang. Bisa dikatakan bahwa orang yang akunnya telah diverifikasi oleh IG adalah orang penting, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Selebritis atau artis

Selebritis-atau-artis

Salah satu akun yang bisa mendapatkan centang biru atau terverifikasi oleh IG adalah milik selebritis atau artis yang sudah terkenal. Pasalnya, artis memiliki banyak fans yang akan dengan setia menjadi pengikut akun IG miliknya. Para fans akan loyal memfollow idolanya untuk mengikuti keseharian dan aktivitas yang diposting melalui akun IG.

Centang biru yang ada pada akun IG milik artis dan selebritis juga akan membantu para penggemar untuk mengetahui apakah akun tersebut asli atau palsu. Sehingga para fans tidak akan dirugikan dengan adanya akun yang mengatasnamakan seorang artis hanya untuk mengambil keuntungan.

2. Atlet atau seniman

Atlet-atau-seniman

Berdasarkan beberapa penelitian, selain artis yang sering mendapat tanda verifikasi asli dari pihak IG adalah atlet atau seniman. Alasannya, tentu karena atlet dan seniman banyak dikenal masyarakat luas, terlebih atlet dan seniman yang sudah berhasil mendapatkan pengakuan secara legal dengan memenangkan pertandingan atau membuat karya besar secara Internasional.

Contoh atlet yang berhasil mendapatkan centang biru adalah atlet sepak bola seperti Cristiano Ronaldo, Messy, Jonatan Christie, Greysia Polii dan lain sebagainya. Para atlet ini sudah terkenal dan bahkan mendunia. Maka sangat tidak heran kalau mereka berhak memperoleh centang biru dari IG.

Tentu dengan adanya centang biru akan membuat akun para atlet jadi lebih aman. Sama dengan artis yang kemungkinan besar mudah dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab, atlet bisa jadi sasaran penipuan yang mengatasnamakan nama besar mereka. Untuk itu, dengan adanya centang biru akan menjaga keamanan para atlet dari tindakan yang tidak diinginkan.

Arti centang biru di ig juga sangat besar bagi para seniman. Terutama bagi seniman besar yang karya-karyanya sering di pasang di media sosial, termasuk IG. Untuk memberikan perlindungan copyright, pihak IG memverifikasi akun sang seniman ternama.

3. Merk Ternama

Merk-Ternama

Akun merek-merek ternama juga turut menjadi salah satu akun yang dapat mendapatkan legalitas dari instagram melalui centang biru. Masih dengan alasan yang sama untuk menghindari tindak penipuan, IG memberikan centang biru sebagai tanda verifikasi akun merek ternama.

Konsumen bisa melihat dari segi centang biru ini agar tidak tertipu dengan akun palsu dari produk bermerek. Misalnya dari produk kecantikan dari @msglowbeauty yang juga sudah diverifikasi oleh IG demi menjaga keamanan konsumennya agar tidak tertipu oleh produk abal-abal yang mengatasnamakan ms glow.

4. Tokoh Masyarakat

Tokoh-Masyarakat

Tokoh masyarakat juga tak ketinggalan menjadi salah satu pemilik akun yang bisa mendapatkan centang biru. Tokoh masyarakat seperti Presiden, Mentri, para ahli, dan pejabat-pejabat penting serta politikus.

5. Akun yang Memiliki Followers dan Like yang Meningkat Pesat

Akun-yang-Memiliki-Followers-dan-Like-yang-Meningkat-Pesat

Sebagai rakyat biasa yang tidak memiliki jabatan dan kedudukan apapun, apakah bisa mendapatkan centang biru? Tentu saja tetap bisa, asalkan sebuah akun tersebut memiliki followers dan likes yang meningkat pesat dalam waktu sekejap.

Pihak instagram akan mempertimbangkan sebuah akun yang memperoleh likes dan diikuti banyak orang dalam beberapa hari untuk mendapatkan centang biru. Tujuannya masih sama, agar tidak ada aksi penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Mengingkatnya jumlah likes dan pengikut dalam sekejab, membuktikan bahwa akun tersebut sedang disorot dan memancing perhatian banyak orang. Sehingga, potensi terjadi penipuan pun cukup besar. Untuk menghindari hal tersebut, pihak instagram memberikan kesempatan agar akun tersebut diverifikasi dengan tanda centang biru.

6. Akun yang lagi Hits

Akun-yang-lagi-Hits

Akun yang sedang hits misalnya milik seseorang yang mengisahkan cerita menarik atau menampilkan foto dan caption bermanfaat bagi banyak orang. Bukan selebgram ataupun artis, namun milik orang biasa yang bisa mengemas akunnya jadi menarik dan lagi ngehits.

Akun IG tersebut tentu memancing minat banyak orang untuk membuka bahkan menjadi pengikut. Sehingga juga akan rawan terjadi penipuan. Maka dari itu, pihak IG mempertimbangkan untuk memverifikasi akun yang sedang hits tersebut.

Contoh akun yang hits adalah @9gag. Kalau di Indonesia seperti  @dagelan, @faktadanmitos yang memberikan info menarik dan dapat dipertanggung jawabkan.

7. Selebgram

Selebgram

Selebgram sekarang ini sudah seperti selebritis, namun pada media yang berbeda. Selebritis terkenal di layar televisi, sedangkan selebgram terkenal di media sosial. Tentu saja selebgram memiliki sejumlah fans yang menggandrunginya.

Potensi pemalsuan dan penipuan cukup besar sehingga selebgram juga sering mendapatkan centang biru karena takut akunnya dipalsukan untuk kepentingan orang lain. Sering kali banyak akun-akun palsu yang mengatasnamakan artis demi meraih keuntungan dari para fans. Dengan adanya centang biru maka bisa meminimalisir penipuan.

8. Akun pribadi yang banyak diduplikasi

Akun-pribadi-yang-banyak-diduplikasi

Akun pribadi yang banyak di duplikat juga menjadi salah satu akun yang mendapatkan verifikasi dari pihak IG. Apabila akun telah dipalsukan oleh orang lain untuk kepentingan pribadi, Anda bisa mengajukan kepada IG untuk memperoleh centang biru sehingga sah dan tidak bisa lagi diduplikat.

Cara Mendapatkan Centang Biru di IG

Cara-Mendapatkan-Centang-Biru-di-IG

Bagi orang biasa yang bukan artis ataupun orang penting, tentu sangat sulit untuk mendapatkan centang biru. Arti centang biru di IG bagi orang awam mungkin tidak terlalu penting karena tidak ada yang berminat memalsukannya.

Sulit bukan berarti tidak mungkin, Anda tetap bisa mendapatkan centang biru di akun IG kalau memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

1. Unik

Akun wajib memiliki keunikan khusus yang mewakili keberadaan seseorang atau sebuah bisnis. Hanya satu akun saja yang dapat diverifikasi dari perorangan maupun sebuah bidang usaha. Namun tidak berlaku apabila bidang usahanya menggunakan bahasa berbeda. Perlu diingat, IG tidak akan memverifikasi akun dengan minat umum.

2. Autentik

Akun wajib menjadi perwakilan sebuah entitas terdaftar yang benar-benar nyata, baik bisnis maupun perseorangan.

3. Lengkap

Akun yang bisa diverifikasi merupakan akun yang lengkap. Terdiri dari bio, foto profil dan minimal terdapat satu postingan. Selain itu, pada profil tidak bisa dicantumkan tautan ke media sosial lain dengan fitur “tambahkan saya”

4. Terkenal

Akun harus dimiliki oleh perorangan, merk dagang maupun entitas yang sudah dikenal dan banyak dicari masyarakat. Pihak IG akan melakukan peninjauan terhadap akun yang ditampilkan di beberapa sumber informasi tanpa mempertimbangkan isi konten promosi sebagai bahan tinjauan.

Cara Pengajuan Mendapat Centang Biru

Apabila akun sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh pihak IG, kini arti centang biru di IG akan lebih bermakna jika benar-benar diwujudkan sebagai logo verified dengan cara sebagai berikut untuk mengajukannya.

  • Masuk ke akun IG agar dapat mengajukan centang biru
  • Buka profil dengan cara klik foto profil yang letaknya di bagian kanan bawah
  • Masuk ke menu setting dengan klik tanda garis tiga di bagian atas sebelah kanan
  • Pilih account, klik request verification

Pilih-account-klik-request-verification

  • Ketik nama lengkap dan bukti tanda pengenal yang diminta

Setelah Anda melakukan pengajuan agar mendapatkan centang biru. Pihak IG akan melakukan peninjauan apakah akun bisa diverifikasi centang biru atau tidak. Apabila ternyata permintaan yang sudah diajukan ditolak, maka Anda baru bisa mengajukan kembali setelah 30 hari dari hari penolakan.

Tidak hanya berhak memberikan centang biru sebagai bukti bahwa akun tersebut asli, pihak IG juga memiliki hak untuk mencabut centang biru kapan saja atau bahkan menonaktifkan akun apabila ada pelanggaran.

Beberapa pelanggaran yang dapat membuat pihak IG menghapus logo verified pada sebuah akun adalah sebagai berikut.

  • Pemilik akun melakukan pengiklanan, pengalihan atau bahkan menjual akun yang sudah centang biru kepada pihak lain
  • Mempromosikan layanan lain dengan menggunakan bio, foto profil dan nama yang sudah diverifikasi
  • Pihak IG mengetahui bahwa akun mendaftarkan centang biru melalui pihak ketiga

Anak Selebritis Punya Akun IG Centang Biru

Anak-Selebritis-Punya-Akun-IG-Centang-Biru

Anak-anak selebritis walaupun masih kecil tapi sudah memiliki akun IG bercentang biru. Tentu bukan mereka sendiri yang menjalankan tapi orang tuanya dengan para tim. Kepopuleran orang tua sebagai artis, dimanfaatkan untuk membuat akun IG khusus anak selebritis.

Isinya seputar aktifitas anak yang nampak menarik dengan segudang fasilitas yang ada. Bagi anak-anak selebritis tersebut, mungkin arti centang biru di IG tidak ada maknanya bagi mereka karena masih terlampau muda, namun bagi orang tuanya sebagai cara melindungi anak-anaknya agar tidak mengalami penipuan.

Tingkah pola para anak selebritis ini juga tak kalah menarik perhatian banyak orang seperti orang tuanya, sehingga tidak heran kalau akun IG mereka sudah diverifikasi pihak IG, diantaranya.

1. Arsy Hermansyah

Anak dari Anang dan Ashanty ini memiliki followers terbanyak di antara anak selebritis lainnya. Gadis kecil bernama lengkap Arsy Addara Musicia Nurhermansyah ini memiliki akun IG yang dipegang oleh sang bunda. Isinya seputar kegiatan si imut ini sehari-hari.

Berbagai foto yang diposting melalui akun IG arsy ini sangat menarik banyak orang karena menggunakan alat-alat yang mumpuni. Sehingga selain tingkat gemasnya yang menyenangkan tapi kualitas fotonya yang baik juga menarik minat banyak orang untuk menjadi followers.

2. El Barack Alexander

El Barack Alexander merupakan salah satu anak artis yang akun IG nya sudah centang biru. Putra semata wayang dari Jessica Iskandar ini lahir di tanggal 21 Juli 2014 dan wajahnya terlihat sangat bule karena ayahnya adalah orang Jerman.

Anak artis yang satu ini juga sudah memiliki banyak followers yang selalu setia menanti update berita tentang cowok ganteng ini. Meski sekarang tinggal di Bali bersama sang Ibu, namun tingkah polah El Barack tetap bisa Anda saksikan melalui akun IG nya.

3. Thalia Putri Onsu

Ruben onsu memang sedang naik daun. Berbagai acara yang dibintanginya sangat digemari masyarakat. Tak hanya itu, Bensu juga memiliki channel youtube yang sering menampilkan keluarga kecilnya yang sangat harmonis. Maka tak heran jika putrinya, Thalia Putri Onsu kini sudah memiliki 2,3 juta followers mengikuti kepopuleran sang ayah dan bunda.

Akun IG yang sudah mendapatkan centang biru ini dikelola ibu yang merupakan mantan anggota sebuat girl band besar di Indonesia. Bersama kakak dan adiknya, akun IG Thalia juga penuh kegiatan sehari-hari yang nampak begitu menyenangkan.

4. Nastusha Olivia Alinskie

Nastusha Olivia Alinskie adalah balita yang sudah punya akun IG yang telah centang biru karena pengikutnya mencapai 2 juta. Putri pertama dari selebritis papan atas Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie ini memang terlihat sangat cerdas dari setiap aktivitasnya yang di posting di IG.

Selain itu, Nastusha juga punya tingkah polah yang menggemaskan, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menyukainya dengan mengikuti akun IG Nastusha.

5. Raphael Mois

Balita yang dari lahir sudah jadi sultan ini juga memiliki akun IG yang sudah centang biru. Kehidupan mewah dari putra pertama Sandra Dewi dan Harvey Moeis ini memang banyak menarik perhatian masyarakat. Sehingga tidak heran jika banyak yang mengidolakan balita 2 tahun ini.

Bagi sebagian orang arti centang biru di IG tidak memiliki makna khusus. Namun bagi orang-orang yang sudah dikenal banyak orang tentu sangat penting untuk melindungi keaslian akun IG agar tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apakah Anda ingin mendapatkan centang biru pada akun IG? Sering-seringlah upload berbagai kegiatan yang unik dan menarik agar banyak orang yang tertarik.

 

Lihat Juga :