Partai NasDem Wadahi Seniman Rembang

10 Juni 2021

JATENG.NASDEM.ID – DPD NasDem Kabupaten Rembang mewadahi seniman dengan membentuk Dewan Kesenian NasDem (DKN). Lembaga ini dibentuk merespon persoalan yang dihadapi seniman di masa pandemi covid-19.

Ketua DPD NasDem Kabupaten Rembang Bayu Andriyanto mengatakan sudah menjadi komitmen partai untuk dekat dengan segala unsur lapisan masyarakat. Termasuk dengan kalangan seniman.

“Komitmen Partai NasDem adalah harus lebih dekat dengan rakyat, menjadi partai panutan yang bersih, aspiratif, dan profesional. Itu sebabnya Dewan Kesenian NasDem diresmikan,” ujar Bayu, Kamis (10/6).

Keberadaan Dewan Kesenian NasDem diharapkan dapat berperan aktif sebagai penyambung informasi. Serta menyosisialisasikan program-program kerakyatan Partai NasDem.

“Itu karena kesenian tidak hanya hadir sebagai hiburan, tapi juga bisa dijadikan media penyampaian informasi,” kata Bayu menjelaskan.

Peresmian Dewan Kesenian NasDem berlangsung pada Rabu malam kemarin. Kegiatan peresmian berlangsung di Dalem Suryowiyatan, kompleks SD Bias Rembang. Peresmian ditandai dengan penyerahan gunungan dari Ketua Dewan Kesenian NasDem Rembang Ki Sigit Ariyanto kepada Bayu.

Usai penyerahan gunungan, dilanjutkan dengan pentas wayang kulit daring yang menampilkan tiga dalang. Yaitu Ki Kartono Timbul Carito, Ki Rustomo, Ki Sugito Marto Carito.Tiga dalang kondang Rembang itu membawakan lakon Semar Bangun Kayangan.

Ketua Dewan Kesenian NasDem Rembang Ki Sigit Ariyanto mengataka akan menggelar pementasan kesenian rutin secara virtual. Pementasan kesenian akan dihelat berdasarkan klaster kesenian.
“Setelah wayang kulit ini akan ada pementasan ketoprak, campur sari, organ tunggal, dan konser musik akustik,” kata Ki Sigit.

Dikatakan Ki Sigit, terbentuknya Dewan Kesenian NasDem Rembang bermula dari keresahan seniman Rembang di masa pandemi. Kemudian, komunitas seniman Rembang yang dikoordinirnya melakukan ikrar bersama untuk membentuk dewan kesenian yang bernaung di bawah Partai NasDem Rembang.

“Bahwa pada akhirnya keresahan rekan seniman, baik seniman wayang, ketoprak, campursari dan seniman musik lain di Rembang, secara tangan terbuka disambut oleh Partai Nasdem Rembang. Dukungan ini memberikan suntikan semangat kepada para pekerja seni untuk dapat terus berkreasi,” kata Sigit Ariyanto. (NJ-05)