4 Cara Cek Resi Indah Cargo, Lacak Posisi/Status & Solusi

Belanja online merupakan satu hal yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, baik dalam skala kecil maupun besar. Oleh karena itu muncul Indah cargo yang bisa digunakan untuk pengiriman barang dengan harga yang lebih murah. Banyak yang ingin tahu bagaimana cara cek resi Indah Cargo.

Namun tak jarang juga masyarakat mengalami berbagai permasalahan dalam mengecek resi. Oleh karena itu, informasi di bawah ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang atau akan menggunakan jasa Indah Cargo untuk pengiriman barang.

Oleh karena itu, penting kiranya untuk mengetahui pengertian Indah Cargo mulai dari awal bagaimana cara cek resi hingga mengatasi permasalahan yang terjadi.

Apa Itu Indah Cargo?

Apa-Itu-Indah-Cargo

Sebelum menggunakan jasa ini, alangkah baiknya jika mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Perusahaan Indah Cargo didirikan pada tahun 2011 oleh Bapak H. Arisal Aziz yang mana beliau adalah seorang pengusaha besar dari Sumatera Barat.

Beliau mendirikan perusahaan tersebut bukan tanpa pengalaman, melainkan sebelumnya sudah terjun di bisnis travel serta angkutan barang dari tahun 2000. Apabila ditotal, hingga saat ini, PT Indah Logistik atau Indah Cargo sudah berpengalaman selama 22 tahun.

Total kendaraan atau armada yang dimiliki untuk menunjang layanan pengiriman barang adalah 1.800 unit baik itu kendaraan untuk jalur darat, laut hingga udara.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa PT Indah Logistik atau yang lebih dikenal dengan Indah Cargo merupakan salah satu perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman barang, khususnya yang berat dan dalam jumah besar.

Banyak yang mereview bahwasanya ketika menggunakan Jasa Indah Cargo barang yang dikirim terjamin kualitas dan kegunaannya serta kinerja para karyawan yang baik. Oleh karena itu, hingga saat ini nama Indah Cargo masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu, kabarnya sekarang Indah Cargo juga sudah bisa melayani pengiriman baik barang atau dokumen ke luar negeri. Setiap pengiriman yang dilakukan, pasti ada yang namanya nomor resi. Tujuannya agar pengirim bisa melihat sudah sampai mana paket yang dikirimnya.

Apakah ada kendala atau sudah sampai di tempat tujuan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara cek resi Indah Cargo yang terbaru di tahun 2022 ini.

Pentingnya Nomor Resi dalam Setiap Pengiriman

Pentingnya-Nomor-Resi-dalam-Setiap-Pengiriman

Pada dasarnya nomor resi adalah sebuah tanda penerimaan yang tertulis. Dalam dunia ekspedisi biasanya diberikan berupa lembaran kertas yang berisikan nomor seri tertentu. Kamu harus tahu apa saja sih sebenarnya fungsi dari resi ini? Mengapa begitu penting dalam hal pengiriman barang?

1. Sebagai Tkamu bahwa Paket Sudah Dikirim

Ketika Kamu membeli sebuah barang secara online, maka pengirim akan memberikan nomor resi untuk ditracking secara bersama-sama. Ini menandakan bahwa paket Kamu memang sudah benar dikirim melalui jasa ekspedisi tertentu, termasuk Indah Cargo Logistik.

Apabila Kamu belum menerima nomor resi, maka perlu dipertanyakan kepada pengirim. Ingat ya, jangan langsung ke jasa pengiriman karena bisa jadi barang Kamu memang belum dikirim sehingga resi tidak bisa dicetak.

Nomor resi sebenarnya membuat hati pembeli lebih merasa tenang dan aman karena bisa melakukan pengecekan secara mandiri tanpa bolak-balik menghubungi pihak pengirim.

2. Sebagai Nomor untuk Melacak Barang

Seperti yang telah Kamu ketahui bahwasanya tidak bisa sembarang orang bisa melacak barang pengiriman. Pihak ekspedisi senantiasa menjaga kerahasiaan dan mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, sehingga yang bisa melacak status paket sudah sampai mana dan dalam kondisi seperti apa hanyalah yang sudah mendapatkan resinya.

Itulah pentingnya nomor resi, tanpanya Kamu tidak akan mendapatkan informasi apapun walaupun sudah datang ke lokasi. Petugas juga akan menanyakan terlebih dahulu mana nomor resi kepada Kamu ketika ingin melacak karena pengiriman barang tidak hanya melayani satu orang saja, tetapi ratusan hingga ribuan, sehingga sangat sulit dilakukan pencarian tanpa ada kode khusus.

3. Mengetahui Kondisi Barang

Perlu digaris bawahi pada beberapa kasus, terjadi human error atau kesalahan petugas dalam melakukan pengiriman barang. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan kurir dalam jasa ekspedisi tertentu.

Tentunya baik calon penerima atau pengirim harus mengkonfirmasi hal ini. Mengapa sampai tanggal waktu yang ditentukan paket belum juga sampai, atau bisa jadi sudah diterima tetapi buka alamat dan orang yang dimaksud.

Nomor resi bermanfaat untuk melakukan pengecekan terkait hal ini, sehingga kesalahan bisa diminimalisir. Kalaupun terjadi, maka pihak ekspedisi harus bertanggung jawab dan mengirim paket sesuai dengan alamat tujuan yang benar.

4. Meningkatkan Kepercayaan Customer

Ketika belanja online selesai dilakukan, biasanya pengirim atau calon penerima barang memilih jasa ekspedisi yang cocok. Pertimbangannya tidak hanya pada tarif saja melainkan profesionalisme dalam melakukan pengiriman barang.

Semakin profesional dan berpengalaman baik kurir atau petugas ekspedisi maka akan semakin minim kesalahan yang diperbuat. Jadi, kesalahan seperti tujuan salah atau estimasi yang tidak tepat waktu di atas bisa diminimalisir.

Melalui fitur pengecekan nomor resi, tingkat kepercayaan calon penerima atau pengirim akan bertambah, sehingga membawa keuntungan bagi semua pihak. Contoh, untuk pengirim maka ia akan mendapatkan citra baik. Calon penerima merasa puas dengan barang yang dibeli karena datang tepat waktu dan pihak ekspedisi yang bisa menjaga kepercayaan masyarakat karena keprofesionalannya.

Cara Cek Resi Indah Cargo

Ketika Kamu bertanya apakah cek resi Indah Cargo hampir sama dengan jasa pengiriman lain? Jawabannya adalah tidak jauh berbeda. Pengirim bisa melakukan tracking baik secara online dari smartphone kesayangan atau offline.

Mengecek resi bertujuan untuk mengetahui paket sudah sampai mana, baik oleh pengirim maupun calon penerima. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat terhadap jasa pengiriman Indah Cargo.

Caranya cukup mudah, sayangnya sebagian orang belum mengetahui secara detail karena satu atau beberapa alasan. Langsung saja yuk, ini dia cara mengecek resi Indah Cargo.

1. Melalui Website Resmi

Melalui-Website-Resmi

Cara yang pertama, Kamu bisa melakukan cek resi melalui website resmi. Hal ini bisa dilakukan baik melalui laptop atau smartphone masing-masing. Namun pastikan terlebih dahulu jika koneksinya stabil dan bisa dibuat internetan dengan lancar ya.

Pastikan juga bahwa sebelumnya Kamu sudah menerima nomor resi dari pengirim atau sudah muncul di aplikasi belanja online karena itu menandakan bahwa paket Kamu sudah masuk ke logistik dan siap untuk dikirim. Ikuti langkah di bawah ini untuk cek resi di website resmi:

  • Buka browser favorit di smartphone atau laptop masing-masing.
  • Masuk ke laman indahonline.com kemudian cari menu layanan cek resi.
  • Jika sudah, maka silahkan masukkan berapa nomor resi paket yang diterima pada kolom pertama.
  • Masukkan kode captcha atau keamanan yang diberikan oleh website dan klik cek.
  • Tunggu beberapa saat, maka Kamu akan segera mendapatkan informasi terkait perjalanan paket Kamu.

2. Melalui Cekresi.com

Melalui-Cekresi-com

Cara cek resi Indah Cargo yang kedua bisa melalui laman atau website lain yaitu cekresi.com. Caranya hampir sama dengan cek melalui website resmi yaitu:

  • Buka cekresi.com di browser favorit.
  • Setelah itu masuk ke menu cek resi indah logistik cargo.
  • Siapkan nomor resi yang akan tracking.
  • Kemudian masukkan ke kolom tracking Indah Logistik.
  • Pilih menu sebelah kanan yang bertuliskan cek resi.
  • Pilih ekspedisi indah logistik pada pilihan selanjutnya.
  • Selesai, status paket kiriman atau barang sudah bisa dilihat pada kotak yang ada di bawah kolom pencarian.

3. Cek Resi di Cekpengiriman.com

Cek-Resi-di-Cekpengiriman-com

Apabila kedua website diatas sedang mengalami error atau perbaikan, maka Kamu bisa melakukan cek resi melalui website lainnya yaitu di cek pengiriman.com. Caranya ikuti beberapa poin di bawah ini ya:

  • Siapkan terlebih dahulu nomor resi yang akan ditracking. Biasanya pengirim akan mendapatkan lembar resi yang diberikan kepada calon penerima.
  • Buka browser laptop atau smartphone masing-masing.
  • Masuk ke laman cek resi.
  • Masukkan nomor resi yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Silahkan pilih ekspedisi Indah Logistik Cargo Indah, kemudian cek paket.
  • Selesai, status paket Kamu akan muncul dan Kamu akan tahu sudah seberapa jauh perkembangannya.

4. Melalui Kantor Cabang Terdekat

Cek-Resi-di-Cekpengiriman-com

Kalau cara cek resi Indah Cargo yang satu ini bisa dilakukan secara offline karena mendatangi kantor cabang terdekat. Biasanya cara ini menjadi alternatif terakhir jika upaya online sudah selesai dilakukan namun tidak membuahkan hasil.

Kamu bisa langsung menemui petugas yang akan membantu Kamu dalam melacak nomor resi kiriman yang sudah diberikan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan paket. Sayangnya, cara satu ini tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga.

Jadi lebih baik, kalau memang masih bisa dilakukan secara online, maka lebih baik jangan datang langsung ke kantor cabang. Apalagi jika saat itu pengiriman paket sedang membludak. Kemungkinan dilayani akan semakin lama. Sampai sini bisa dipahami kan?

Jadi itu dia beberapa cara mengecek resi Indah Cargo baik secara online maupun offline. Kamu tentunya sudah bisa memilih cara mana yang lebih mudah.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa mengecek resi tidak selalu berjalan mulus. Ada nomor resi yang tidak bisa terdeteksi, gagal dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun sekarang Kamu jangan khawatir, karena informasi berikutnya akan menjelaskan kira-kira mengapa nomor resi tidak terdeteksi sekaligus bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Nomor Resi Tidak Terdeteksi dan Cara Mengatasinya

Penyebab-Nomor-Resi-Tidak-Terdeteksi-dan-Cara-Mengatasinya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ada beberapa penyebab mengapa tidak bisa mengecek resi Indah Cargo alias sistem tidak bisa melacaknya. Pertama bisa jadi karena jaringan atau koneksi yang tidak stabil atau tiba-tiba hilang sinyal.

Oleh karena itu, penjelasan di atas menekankan bahwa Kamu harus terhubung di koneksi jaringan yang stabil aga proses pengecekan berjalan dengan lancar. Kedua terkadang beberapa website yang sudah dijelaskan di atas mengalami maintenance atau sedang gangguan.

Jadi semua layanan termasuk pengecekan resi tidak bisa dibaca untuk sementara waktu. Kamu harus bersabar hingga website kembali seperti semula.

Ketiga, bisa jadi pengecekan yang Kamu lakukan masih terlalu cepat. Mengingat, petugas juga perlu waktu untuk melakukan input data kedalam sistem terkait status paket Kamu. Tunggu sesaat hingga semuanya terinput dengan benar oleh petugas ya!

Keempat, sebenarnya barang belum dikirim sehingga ketika masih di dalam gudang, maka pelacakan resi tidak akan bisa dilakukan. Namun jika status resi tidak berubah hingga 3 hari, Kamu harus datang ke kantor cabang terdekat untuk melakukan konfirmasi.

Kelima, nomor resi yang dimasukkan salah. Coba lebih teliti satu persatu angkanya, karena jika ada yang berbeda maka status paket tidak akan muncul.

Jika Kamu sudah menunggu beberapa hari namun tetap tidak mendapatkan informasi terkait kejelasan paket Kamu maka perlu melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Mengecek Pengiriman dengan Nama

Perlu diketahui bahwa ketika Kamu memutuskan mengirim barang menggunakan Indah Cargo Logistik, maka akan ditanya balik nama pengirim maupun penerima barang nantinya. Tentunya hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena bisa saja ketika nomor resi tidak ditemukan atau hilang, maka masih bisa melakukan pengecekan menggunakan nama penerima barang.

Pengecekan tersebut bisa dilakukan di website resmi layanan pengiriman barang, sehingga dari sini Kamu sudah bisa mengetahui apakah nomor resi yang dimasukkan salah, status barang sudah sampai mana, sehingga tidak bertanya-tanya lagi tentang kejelasan paket.

2. Mendatangi Layanan Jasa Pengiriman Barang

Apabila pencarian menggunakan nama sudah dilakukan namun tidak kunjung menemui titik terang, maka bisa mendatangi atau menanyakan langsung ke jasa pengiriman alias datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Kamu bisa menanyakan kepada penjaga loket atau customer service mengapa tidak bisa cek resi Indah Cargo. Nantinya petugas akan menemukan solusi atas permasalahan Kamu. Apabila ada kesalahan dalam pengiriman, maka pihak ekspedisi akan memutuskan hal terbaik.

Oleh karena itu, Kamu juga perlu untuk menambahkan biaya asuransi dengan tujuan antisipasi suatu hal yang tidak diinginkan. Jadi baik pengirim atau penerima barang tidak ada yang merasa dirugikan.

3. Menanyakan Kepada Pihak Pengirim

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui sudah sampai mana paket Kamu dan alasan mengapa resi tidak bisa terdeteksi adalah dengan bertanya kepada pihak. Cara ini dinilai paling mudah agar Kamu bisa mengetahui dengan jelas mengapa nomor resi tidak bisa terlacak.

Apabila pengirim tidak bisa memberikan informasi yang jelas atau juga mengalami permasalahan yang sama, maka Kamu bisa mencoba lagi kemudian hari atau 1×24 jam.

Seperti yang dijelaskan di atas, mungkin saja petugas Indah Cargo belum mengupdate paket Kamu dikarenakan banyaknya barang yang akan dikirim. Ingat, kunci dalam berbelanja secara online dan berurusan dengan pengiriman barang adalah sabar.

4. Menghubungi Customer Service Indah Cargo

Jika memang cara online sudah ditempuh namun Kamu tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor cabang, maka bisa menghubungi customer service Indah Cargo baik melalui telepon, WA atau email.

Tentunya terlebih dahulu Kamu harus mengetahui nomor telepon atau email yang bisa dihubungi. Customer Service akan menjawab semua pertanyaan Kamu, termasuk mengapa nomor resi tidak bisa dilacak atau sistem tidak bisa mendeteksinya.

Kamu juga bisa menanyakan permasalahan bagaimana jika ternyata nomor resi hilang. Namun cara ini biasanya membutuhkan waktu, karena yang dilayani by email atau telepon tidak hanya satu orang saja. Indah Cargo karena sudah dipercaya puluhan tahun, pasti akan melakukan yang terbaik untuk memberikan informasi kepada Kamu.

Kesimpulan, jika Kamu melakukan pengiriman, maka jangan lupa untuk cek resi Indah Cargo ya agar tetap update mengenai status paket.

 

Lihat Juga :